Monday, August 31, 2015

Persebaran Serta Ciri Negra Maju Dan Berkembanag



Persebaran serta ciri Negara maju dan berkembang

1. Persebaran Negara maju dan Negara Berkembang

Negara berkembang dan Negara maju tersebar di seluruh dunia menempati benua- benua yang ada. Persebaran Negara maju dan Negara berkembang dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

1)      Kelompok Negara Maju

kelompok Negara maju persebarannya sebagian besar berada di belahan bumi utara, yaitu : Inggris, Belanda, Jerman,Prancis,Swis,korea utara,Jepang,Australia,Kanada,Amerika Utara, kecuali Australia dan selandia Baru.

Batasan belahan bumi utara dan selatan adalah garis lintang “0” atau garis khatulistiwa.  Belahan bumi yang berada di utara garis khatulistiwa disebut bumi utara. Jumlah Negara maju kira –kira 1/3 dari jumlah Negara di dunia. Sebagain besar berada di belahan bumi utara yaitu benua eropa, Amerika utara dan sebagian Benua Asia utara

2)      Kelompok Negara Berkembang

Jumlaah Negara berkembang di dunia kira-kira 2/3 dari seluruh jumlah Negara di dunia. Negara berkembang sebagian besar atau seluruhnya berada di belahan bumi selatan , yaitu benua Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Barat,Selatan, dan Tenggara.

2.Karakteristik Negara Berkembang dan Negara Maju

Ciri atau karakteristik Negara berkembang antara umum yaitu :

1)       Produktivitas barang-barang primer masih dominan, barang primer merupakan barang pokok kebutuhan manusia seperti makanan, minuman, pakaian,perumahan, dan kebutuhan pokok lainnya. Barang kebutuhan pokok lainnya kebanyakan dihasilkan dari sector pertanian dan dari alam.

2)      Mengalami masalah tekanan penduduk, masalah umum yang merupakan masalah Negara berkembang antara lain : pertumbuhan penduduk yang masih tinggi , jumlah penduduk yang banyak, angka penganguran yang masih tinggi,produktivitas yang rendah,tingginya angka kemiskinan,tingginya angka beban tanggungan,masih bergantung kepada bangsa lain,dan mudah terpengaruh oleh bangsa lain, dan sebagainya.

3)      Banyak sumber daya alam yang belum diolah atau dimanfaatkan maksimal,tidak ada atau kurangnya peralatan modern dan kurangnya tenaga ahli. Karena rendahnya penguasaan ilmu pengetahuandan teknologi dan terbatasnya peralatan modern, menyebabkan kurang maksimalnya pengolahan sumber daya alam tersebut. Dengan terpaksa Negara berkembang harus bekerja sama dengan Negara maju dan juga berbagi hasil.

4)      Sangat kekurangan modal,Negara berkembang pada umumnya sangat kekurangan modal , salah satu penyebabnya adalah pendapatan Negara hanya cukup untuk memenhi kebutuhan pokok penduduk.

5)      Masih bergantung pada impor hasil industri dan ekspor hasil pertanian,karena belum dapat mengasilkan barang industri secara langsung dan masih bergatung pada hasil pertanian contohnya: pertanian, perkebunan, peternakan, dan lainnya.

Selain itu ada juga crri umum lainnya :  Tingkat kehidupan rendah,tingkat produktivitasa rendah,tingkat pertumbuhan penduduk dan beban tanggungan rendah,tingginya tingkat penganguran,ketergantungan terhadap produksi pertaniandan ekspor produk primer, ketimpangan kekuasaan,

Ciri umum Negara maju :
1)  Angka pertmbuhan pendududuk yang kecil , akibat jumlah penduduk juga kecil karena pertambahan setiap tahunnya juaga kecil. 

2)  Kegiatan ekonomi bebasis pada sector industri dan jasa termasuk di dalamnya perdagangan  kegiatan pertanian dilakukan secara intensif,namun bukan factor penyangga prekonomian utama.

3)  Sebagian besar pendududuk tinggal di daerah perkotaan, ini disebabkan pusat kegiatan industri, budaya, politik dan sebagainya berada di perkotaan. Bahkan perkembangan meluas memasuki pedesaan.

4)  Angka harapan hidup penduduk rata-rata tinggi , ini disebabkan tingkat kesejahtraan yang tinggi dan tingkat kesehatan juga tinggi,

5)  Pendapatan perkapita rata-rata tinggi, karena jarang terjadi pengangguran jumlah besar kalau ada juga sebagian kecil.

6)  Tingkat pendidikan penduduk tinggi, karena tingkat kesejahteraan penduduk tinggisehingga tidak mengalami masalah biaya pendidikan.

7) Tingkat atau kualitas penduduk tinggi, hal ini di dukung oleh tingkat kemakmuran penduduk yang tinggi sehingga masalah kesehatan dapat teratasi.

8)      Angka kematian khususnya angka kematian bayi sangat kecil, hal ini terjadi karena tingkat kesehatan , kemakmuran dan pendidikan yang tinggi.
Negara maju telah mampu mengatasi semua masalah yang dihadapi oleh Negara berkembang dan keluar lingkaran terbelakang. Pembangunan di Negara maju telah merata di berbagai sektor dan dilakukan secara bersama-sama.
Paling sedikit ada tiga usaha yang telah ditempuh Negara maju untuk mencapai keberhasilan dan kemajuan Negara yaitu :

1. Mengembangkan semangat kerja yang produktif melalui kedisiplinan yang tinggi, tanggungjawab , ketekunan,dan keuletan

2. Meningkatkan pendidikan dan keterampilan untuk meraih setiap peluang kerja dan meningkatkan penguasaan teknologi.

3. Memperluas  lapangan kerja dan kesempatan berusaha

Ada beberapa keunggulan kegiatan industri dan memacu pertumbuhan ekonomi suatu Negara, yaitu :

a)    Dapat menyerap tenaga kerja yang banyak,sehingga dapat mengatsi pengangguran

b)      Meningkatkan pendapatan penduduk sehingga kemakmuran penduduk semakin tinggi.

c)      Jumlah penduduk barang atau jasa lebih banyak dan beragam, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup.

d)      Perputaran modal semakin cepat dan keuntungan yang diterima juga cepat

e)      Dapat memacu perkembangan sector lain diluar sector industri dan sebagainya

LINK DOWNLOAD . DISINI

No comments:

Post a Comment