Monday, September 21, 2015

Jenjang Organisasi



JENJANG ORGANISASI

    Istilah jenjang organisasi terjemahan dari , hierarchy,level of manajement scalar principle
Yang dimaksud dengan jenjang organisasi adalah tingkatan satuan organisasi yang didalamnya terdapat pejabat, tugas serta wewenang tertentu menurut kedudukannya dari atas ke bawah dalam fungsi tertentu. Pejabat yang berkedudukan pada tingkat yang lebih atas akan mengawasi para pejabat yang berkedudukan pada tingkat dibawahnya, demikian seterusnya hingga hubungan yang dilakukan antara para pejabat sejauh mungkin  melewati tingkat yang telah ditentukan.


Jumlah jenjang sosial

Jumlah jenjang organisasi yang benar adalah sependek mungkin , sebab jenjang organisasi yang terlalu panjang akan membawa akibat hambatan dan penghamburan

Merupakan hambatan karena perintah, petunjuk , keputusan , dari pucuk pimpinan agar dapat tersampaikan kepada pejabat yang berkedudukan paling bawah akan memakan waktu yang lama, demikian pula dengan sebaliknya laporan, pendapat, pertanggung jawaban dari para bawahan sampai kepada pucuk pimpinan juga akan memakan waktu yang lama, hingga menimbulkan kecendrungan hubungan antara pejabat puncak dan yang terbawah dilakukan secara langsung. Kalau hubungan secara langsung hanya terjadi kadang-kadang atau dalam hubungan tugas tertentu, memang telah seharusnya, tetapi kalau hubungan langsung dilakukan secara terus-menerus akan merusak saluran hubungan resmi yang telah ditentukan sehingga akan membawa akibat rusknya struktur organisasi yang telah ditetapkan.

Merupakan   penghamburan karena setiap jenjang yang ada , tentu ada pejabat , yang akan tentunya memerlukan macam-macam fasilitas.

Macam-macam struktur organisasi dilihat dari jenjang organisasi

a.Srtuktur organisasi pipih ( plat organization ) yaitu struktur orgnisasi yang melaksankan jenjang organisasi antara dua sampai dengan tiga  tingkatan.

b.Struktur organisasi datar , yaitu struktur organisasi yang melaksankan jenjang organisasi sampai dengan 4 tingkat.

c.Struktur organisasi curam , yaitu struktur organisasi yang melaksankan jenjang organisasi sampai dengan 5 tingkat.

Menurut Henry G. Hodges jumlah terbanyak jenjang organisasi pada umumnya adalah 6 , dengan anjuran hanya digunakan lima tingkat saja.

  Struktur organisasi merupakan hal yang terlalu komplek untuk disajikan secara verbal. Manajer perlu menggambarkan : bagan organisasi “ untuk menunjukkan struktur organisasi. Bagan organisasi memperlihatkan susunan fungsi , departemen, atau posisi organisasi dan menunjukkan bagimana hubungan di antaranya. Satuan organisasi yang terpisah biasanya digambarkan dalam kotak-kotak, dimana satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan garis yang menunjukkan rantai perintah dan jalur komunikasi formal.

Bagan organisasi menggambarkan lima aspek utama suatu struktur  organisasi yaitu.

1.Pembagian Kerja

Setiap kotak menunjukan individu atau satuan organisasi yang mana bertanggungjawab untuk kegiatan organisasi tertentu, dan tingkat spesialisasi yang digunakan.

2.Manajer dan bawahan atau rantai perintah

Rantai perintah menunjukan hubungan wewenang yang menghubungkan atasan dengan bawahan dalam keseluruhan organisasi . aliran ini dimulai dengan jenjang organisasi yang lebih tinggi sampai karyawan terendah dalam organisasi. Oleh karena  itu setiap anggota organisasi mempunyai suatu kaitan dengan manajer puncak organisasi

3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan

Label deskripsi pada tiap kotak menunjukan pekerjaan operasional atau bidang tanggung jawab yang berbeda.

4. Pengelompokkan segmen pekerjaan

Keseluruhan bagan menunjukkan atas dasar apa kegiatan organisasi dibagi

5.Tingkat manajemen

Suatu bagan tidak hanya menunjukkan manajer dan bawahan tetapi juga keseluruhan hirarki manajemen

H. Bentuk- bentuk organisasi

Menurut pola hubungan , serta lalu lintas wewenang dan tanggung jawab, maka bentuk organisasi itu dapat dibedakan atas :

1.Bentuk organisasi garis

Bentuk organisasi garis adalah bentuk organisasi tertua yang diciptakan oleh Henry Fayol dari prancis. Sering disebut dengan bentuk organisasi militer karena digunakan pada zaman dahulu di kalangan militer. Ciri-ciri organisasi bentuk garis adalah : organisasinya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan saling kenal serta spesialisasinya belum tinggi

Keuntungan :

a.Kesatun komando terjamin dengan baik karena pemimpin berada di atas satu tangan
b.Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat karena jumlah orang yang diajak berkonsultasi masih sdikit atau tidak ada sama sekali.
c.Rasa solidaritas karyawan umumnya tinggi karenan saling mengenal

Kerugian :

a.Seluruh anggota terlalu bergantung kepada satu orang sehingga kalau orang tersebut tidak mampu , maka seluruh organisasi akan terencam hancur
b.Ada kecendrungan pemimpin bertindak otokratis
c.Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas

2.Bentuk Organisasi Fungsional

Diciptakan oleh F. W Taylor, dimana segelintir pemimpin tidak mempunyai bawahan yang jelas, sebab setiap atasan berwenang  memberi komando kepada setiap bawahan , sepanjang ada hubungannya dengan atasan tersebut.

Keuntungan :

a.Pembidangan tugas yang jelas
b.Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin
c.Digunakan tenaga ahli dalam berbagai bidang , sesuai dengan fungsi-fungsinya

Kerugian :

a.Karena adanya spesialisasi , sukar mengadakan tour of duty
b.Para karyawan telah mementingkan bidangnya, sehingga sukar diadakan koordinasi

3. Bentuk organisasi garis dan staf

Pada umumnya dianut  oleh organisasi besar,daerah  kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit, dan jumlah karyawannya banyak. Penciptanya Harringon Emerson. Staff yaitu orang ahli dalam bidang tertentu yang memberi nasehat dan saran dalam bidangnya kepada pejabat pemimpin di dalam organisasi tersebut.

Keuntungan :

a.Dapat digunakan oleh setiap organisasi , apaun tujuannya , betapapun luas tugasnya dan betapapun kompleks organisasinya
b.Pengambilan keputusan yang sengat mudah dapat diambil karena adanya staf ahli
c.Perwujudan lebih mudah dilaksanakan

Kerugian :
a.Karena karyawan tidak lagi saling mengenal , solidaritas sukar diharapkan
b.Karena rumit dan kompleksnya susunan organisasi , koordinasi kadang- kadang sukar ditetapkan

4. Bentuk organisasi staf dan fungsional

Merupakan kombinasi dari bentuk fungsional dan bentuk organisasi garis dan staf. Keuntungan dan kerugian dari bentuk ini merupakan kombinasi  dari bentuk organisasi yang dikombinasikan.



link Donwload. disini

No comments:

Post a Comment