JENJANG ORGANISASI
Istilah jenjang
organisasi terjemahan dari , hierarchy,level of manajement scalar principle
Yang dimaksud dengan
jenjang organisasi adalah tingkatan satuan organisasi yang didalamnya terdapat
pejabat, tugas serta wewenang tertentu menurut kedudukannya dari atas ke bawah
dalam fungsi tertentu. Pejabat yang berkedudukan pada tingkat yang lebih atas akan
mengawasi para pejabat yang berkedudukan pada tingkat dibawahnya, demikian
seterusnya hingga hubungan yang dilakukan antara para pejabat sejauh
mungkin melewati tingkat yang telah
ditentukan.
Jumlah
jenjang sosial
Jumlah jenjang
organisasi yang benar adalah sependek mungkin , sebab jenjang organisasi yang
terlalu panjang akan membawa akibat hambatan dan penghamburan
Merupakan hambatan
karena perintah, petunjuk , keputusan , dari pucuk pimpinan agar dapat
tersampaikan kepada pejabat yang berkedudukan paling bawah akan memakan waktu
yang lama, demikian pula dengan sebaliknya laporan, pendapat, pertanggung jawaban
dari para bawahan sampai kepada pucuk pimpinan juga akan memakan waktu yang
lama, hingga menimbulkan kecendrungan hubungan antara pejabat puncak dan yang
terbawah dilakukan secara langsung. Kalau hubungan secara langsung hanya
terjadi kadang-kadang atau dalam hubungan tugas tertentu, memang telah
seharusnya, tetapi kalau hubungan langsung dilakukan secara terus-menerus akan
merusak saluran hubungan resmi yang telah ditentukan sehingga akan membawa
akibat rusknya struktur organisasi yang telah ditetapkan.
Merupakan penghamburan karena setiap jenjang yang ada
, tentu ada pejabat , yang akan tentunya memerlukan macam-macam fasilitas.
Macam-macam
struktur organisasi dilihat dari jenjang organisasi
a.Srtuktur organisasi
pipih ( plat organization ) yaitu struktur orgnisasi yang melaksankan jenjang
organisasi antara dua sampai dengan tiga
tingkatan.
b.Struktur organisasi
datar , yaitu struktur organisasi yang melaksankan jenjang organisasi sampai
dengan 4 tingkat.
c.Struktur organisasi
curam , yaitu struktur organisasi yang melaksankan jenjang organisasi sampai
dengan 5 tingkat.
Menurut Henry G. Hodges
jumlah terbanyak jenjang organisasi pada umumnya adalah 6 , dengan anjuran hanya
digunakan lima tingkat saja.
Struktur organisasi
merupakan hal yang terlalu komplek untuk disajikan secara verbal. Manajer perlu menggambarkan : bagan organisasi “ untuk menunjukkan struktur organisasi. Bagan
organisasi memperlihatkan susunan fungsi , departemen, atau posisi organisasi
dan menunjukkan bagimana hubungan di antaranya. Satuan organisasi yang terpisah
biasanya digambarkan dalam kotak-kotak, dimana satu dengan yang lainnya dihubungkan
dengan garis yang menunjukkan rantai perintah dan jalur komunikasi formal.
Bagan
organisasi menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi yaitu.
1.Pembagian
Kerja
Setiap kotak menunjukan
individu atau satuan organisasi yang mana bertanggungjawab untuk kegiatan
organisasi tertentu, dan tingkat spesialisasi yang digunakan.
2.Manajer
dan bawahan atau rantai perintah
Rantai perintah
menunjukan hubungan wewenang yang menghubungkan atasan dengan bawahan dalam
keseluruhan organisasi . aliran ini dimulai dengan jenjang organisasi yang
lebih tinggi sampai karyawan terendah dalam organisasi. Oleh karena itu setiap anggota organisasi mempunyai suatu
kaitan dengan manajer puncak organisasi
3.
Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
Label deskripsi pada
tiap kotak menunjukan pekerjaan operasional atau bidang tanggung jawab yang
berbeda.
4.
Pengelompokkan segmen pekerjaan
Keseluruhan bagan
menunjukkan atas dasar apa kegiatan organisasi dibagi
5.Tingkat
manajemen
Suatu bagan tidak hanya
menunjukkan manajer dan bawahan tetapi juga keseluruhan hirarki manajemen
H.
Bentuk- bentuk organisasi
Menurut pola hubungan ,
serta lalu lintas wewenang dan tanggung jawab, maka bentuk organisasi itu dapat
dibedakan atas :
1.Bentuk
organisasi garis
Bentuk organisasi garis
adalah bentuk organisasi tertua yang diciptakan oleh Henry Fayol dari prancis.
Sering disebut dengan bentuk organisasi militer karena digunakan pada zaman
dahulu di kalangan militer. Ciri-ciri organisasi bentuk garis adalah :
organisasinya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan saling kenal serta
spesialisasinya belum tinggi
Keuntungan :
a.Kesatun komando
terjamin dengan baik karena pemimpin berada di atas satu tangan
b.Proses pengambilan
keputusan berjalan dengan cepat karena jumlah orang yang diajak berkonsultasi
masih sdikit atau tidak ada sama sekali.
c.Rasa solidaritas
karyawan umumnya tinggi karenan saling mengenal
Kerugian
:
a.Seluruh anggota
terlalu bergantung kepada satu orang sehingga kalau orang tersebut tidak mampu
, maka seluruh organisasi akan terencam hancur
b.Ada kecendrungan
pemimpin bertindak otokratis
c.Kesempatan karyawan
untuk berkembang terbatas
2.Bentuk
Organisasi Fungsional
Diciptakan oleh F. W
Taylor, dimana segelintir pemimpin tidak mempunyai bawahan yang jelas, sebab
setiap atasan berwenang memberi komando
kepada setiap bawahan , sepanjang ada hubungannya dengan atasan tersebut.
Keuntungan
:
a.Pembidangan tugas
yang jelas
b.Spesialisasi karyawan
dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin
c.Digunakan tenaga ahli
dalam berbagai bidang , sesuai dengan fungsi-fungsinya
Kerugian
:
a.Karena adanya
spesialisasi , sukar mengadakan tour of duty
b.Para karyawan telah
mementingkan bidangnya, sehingga sukar diadakan koordinasi
3.
Bentuk organisasi garis dan staf
Pada umumnya
dianut oleh organisasi besar,daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang
beraneka ragam serta rumit, dan jumlah karyawannya banyak. Penciptanya Harringon
Emerson. Staff yaitu orang ahli dalam bidang tertentu yang memberi nasehat dan
saran dalam bidangnya kepada pejabat pemimpin di dalam organisasi tersebut.
Keuntungan
:
a.Dapat digunakan oleh
setiap organisasi , apaun tujuannya , betapapun luas tugasnya dan betapapun
kompleks organisasinya
b.Pengambilan keputusan
yang sengat mudah dapat diambil karena adanya staf ahli
c.Perwujudan lebih
mudah dilaksanakan
Kerugian
:
a.Karena karyawan tidak
lagi saling mengenal , solidaritas sukar diharapkan
b.Karena rumit dan
kompleksnya susunan organisasi , koordinasi kadang- kadang sukar ditetapkan
4.
Bentuk organisasi staf dan fungsional
Merupakan kombinasi
dari bentuk fungsional dan bentuk organisasi garis dan staf. Keuntungan dan
kerugian dari bentuk ini merupakan kombinasi
dari bentuk organisasi yang dikombinasikan.
link Donwload. disini
No comments:
Post a Comment