Tuesday, December 1, 2015

Microsoft kini menjadi manufaktur terbesar ke tiga di Eropa

*    RINGKASAN

Microsoft kini menjadi manufaktur smartphone ketiga terbesar di lima Negara Eropa , yaitu Inggris ,Jerman,italia,prancis dan spanyol.  Situasi pasar yang terlihat  semakin menguntungkan bagi Microsofs dalam tiga bulan yang berakhir agustus 2015 lalu.


Meski Samsung masih mendominasi dengan 39% diikuti Apple 16,2% , Microsoft menjadi produsen Ketiga terbesar di Lima Negara tersebut dengan pangsa pasar 10,6 % menggantikan Sony dengan angka 10,6 ditahun lalu dan terlempar ke posisi keempat dengan 7,1%

Yang menarik Microsoft bahkan jauh lebih banyak dibandingkan dari kombinasi dari pemasaran Brand lainnya yaitu Motorola,HTC dan LG. Kesuksesan ini diraih mungkin dengan pemasaran smartphone dengan harga yang terjangkau ,sebuah segmen yang tampaknya sangat dikuasai  oleh raksasa software dan dengan  bantuan dirilisnya lumia 950, lumia 950 XL dan lumia 550 ke pasar smartphone dan semakin dekatnya peluncuran Windows 10 mobile di desember nanti.

*    PERMASALAHAN
1.      Bagaimana Microsoft Dapat Mendominasi di 3 bulan terakhir ?
2.      Penyebab Penjualan Sony Menurun Ke peringkat 4  ?




*    SOLUSI

1)      Microsoft dapat mendominasi di 3 Bulan terakhir

Data statistik terbaru yang dikeluarkan Kantar menunjukkan bahwa Android masih menjadi raja Eropa dengan mendominasi 70 persen marketshare. Namun ternyata Microsoft belum kehilangan harapan. Kantar mencatat bahwa Windows Phone masih menjadi OS mobile dengan pertumbuhan tercepat di Eropa.

Kantar menyatakan bahwa hal ini dikarenakan perilisan Nokia 520 dengan harga terjangkau telah berhasil menarik hati para pengguna featurephone (handphone lama) untuk beralih menggunakan Windows Phone. Saat ini diprediksi masih ada sekitar 14 juta orang pengguna featurephone yang jika beralih ke Lumia bisa meledakkan marketshare Windows Phone di Eropa.

Jika Nokia tetap fokus dalam dan membuat penggunanya loyal, maka kedepannya mereka akan lebih membuat pengguna melakukan upgrade ke smartphone mid-end ataupun high-end. Dengan strategi ini bukan tidak mungkin marketshare Windows Phone akan terus berlipat ganda dan membuatnya mampu lebih ketat bersaing dengan Android dan iOS.

2)      Melalui website Sony di Eropa, peluncuran produk Sony Terbaru yaitu
1.     Xperia Z5 Compact sekitar Rp. 9,5 jutaan
2.      Xperia Z5 sekitar 12 jutaan.
3.      Xperia Z5 Premium sekitar Rp. 14 jutaan.

Dengan harga demikian  hadirnya dua iPhone baru dari Apple yang harganya jika masuk ke Indonesia berada di kisaran mulai Rp. 15 jutaan pasti akan mengacam penjualan, jika ketiga keluarga Xperia tersebut tetap ditawarkan dengan harga yang sama. Untuk memberikan nilai jual di tengah pasar niche smartphone premium sebaiknya Sony melakukan penurunan harga dari ketiga produk terbarunya.

*    KESIMPULAN

Smartphone atau ponsel cerdas kini sudah jamak digunakan sehari-hari di semua lapisan masyarakat pengguna perangkat teknologi. Berbeda dengan lima tahun lalu, ketika smartphone masih jadi perangkat genggaman segmen Atas dengan harga yang  premium.
Ke depan persaingan pasar smartphone akan semakin ketat, di papan atas Apple dari tahun ke tahun nyaris tak tergoyahkan dengan seri iPhone yang kendati hanya keluar 1 seri  per tahun. Sedangkan di segmen menengah ke  bawah Samsung mendapat gempuran dari beberapa saingan  seperti Xiaomi, Huawei , Lenovo, Microsoft dan lainnya yang sama-sama berlabel Android.

Microsoft merupakan salah satu manufaktur smartphone terbesar  di Eropa dibawah persaingan Samsung dan Apple. Dengan memanfaatkan marketshare pengguna featurephone di kawasan lima Negara di Eropa dan  tetap fokus dan loyal kepada pelanggannya Microsoft akan tetap dapat  lebih ketat bersaing dengan Brand lainnya seperti Samsung dan Apple ,Kesuksesan ini juga tidak lepas dari  pemasaran smartphone dengan harga yang sangat terjangkau  bagi peminatnya.

LINK DOWNLOAD. DISINI

No comments:

Post a Comment