Friday, November 20, 2015

Ketahanan Nasional Dari segi budaya Indonesia




BAB I
PENDAHULUAN

       A.   Latar Belakang

 Ketahanan nasional dari aspek kebudayaan

Esensi ketahan budaya adalah pengaturan dan penyelenggaraan kehidupan sosial budaya, dengan demikian ketahanan budaya merupakan pengembangan sosial budaya dimana setiap warga masyarakat dapat mengembangkan kemampuan pribadi dengan segenap potensinya berdasarkan nilai-nilai Pancasila


Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila  akan diwujudkan sebagai aturan tuntutan sikap dan tingkah laku bangsa dan akan memberikan landasan, semangat, jiwa secara khas yang merupakan ciri pada elemen-elemen sosial budaya bangsa Indonesia.Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang berbudaya. Kebudayaan itu sendiri merupakan hal yang tidak bisa kita hindarkan dari kehidupan bermasyarakat

Sebagai negara yang berbudaya pastilah Indonesia maupun Malaysia sama-sama mengingikan kebudayaan yang berasal dari daerahnya untuk diakui dan dikenal. Melihat kedalam masalah budaya antara Indonesia dan Malaysia memang merupakan polemik yang sangat sensitif. Hal tersebut dengan jelas telah menimbulkan stigma negatif pada masyarakat suatu negara terhadap masyarakat negara lain.

B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas dapat diambil beberapa rumusan masalah antara lain
1.      Kenapa kebudayaan Indonesia bisa diakui oleh Negara Tetangga ?
2.      Apa saja contoh kebudayaan yang di Klaim oleh Negara Lain Tersebut ?
3.      Alasan apa yang mendorong Negara lain untuk mengklaim Budaya Indonesia ?


BAB II
PEMBAHASAN

1.      Kenapa kebudayaan Indonesia bisa diakui oleh Negara Tetangga ?

Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia sering kali mengundang perhatian dari negara lain untuk ingin tahu lebih dalam tentang keunikan budaya yang kita miliki. Tidak heran jika begitu banyaknya budaya yang kita miliki, justru membuat kita tidak mengetahui apa saja budaya yang ada Indonesia. Ketertarikan budaya yang semakin meluntur juga sangat nampak pada diri generasi muda saat ini. Lantas apa saja yang menyebabkan terjadinya pengklaiman budaya oleh negara – negara lain?

§  Adapun faktor – faktor penyebabnya adalah sebagai berikut :

a.       Karena adanya kesamaan antara suku dan ras masyarakat indonesia dengan Malaysia
b.      Faktor bisnis (terutama pengenalan visit malaysia kepada masyarakat dunia)
c.       Kesamaan ciri khas kebudayaan indonesia dengan malaysia dari faktor kesamaan alat musik nada sebuah lagu, serta adat budaya.
d.      Faktor pameran kesenian indonesia di malaysia yang secara tidak sengaja juga ikut mengajarkan kebudayaan indonesia.
e.        Keminiman budaya asli negara malaysia.

2.      Apa saja contoh kebudayaan yang di Klaim oleh Negara Lain Tersebut ?

1.      Reog Ponorogo

Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.
2
.      Keris

 Keris adalah senjata tikam khas Indonesia, atau mungkin lebih tepat Nusantara. Berdasarkan dokumen-dokumen purbakala, keris dalam bentuk awal telah digunakan sejak abad ke-9.

Kuat kemungkinannya bahwa keris telah digunakan sebelum masa tersebut. Selain digunakan sebagai senjata, keris juga sering dianggap memiliki kekuatan supranatural.
3
.      Batik     

Sungguh sangat menyakitkan hati bangsa Indonesia atas ulah negeri Jiran yang telah mengakui batik sebagai budayanya. Selain itu juga sangat meresahkan para pengrajin Batik Indonesia. Bangsa ini harus menghapus bayang-bayang yang meresahkan itu agar para perajin batik Indonesia dikemudian hari tidak perlu memberi royalty kepada Negara lain.
4
.      Tari Pendet

Geram dan marah muncul dari masyarakat Indonesia menyikapi klaim kebudayaan yang dilakukan Malaysia. Berbagai asset budaya nasional dalam rentang waktu yang tak begitu lama, telah di klaim Negara Jiran, pola pengklaimannya pun dilakukan melalui momentum formal kenegaraan, seperti melalui media promosi “Visit Malaysia Year” yang diselipkan kebudayaan nasional Indonesia.

3.      Alasan apa  yang mendorong Negara lain untuk mengklaim Budaya Indonesia ?

Faktor-faktor  yang  membuat malaysia melakukan pengklaiman terhadap budaya indonesia yaitu:
1.      Kurangnya kepedulian pemerintah terhadap budaya.
2.    Kurangnya pertisipasi dari para penerus bangsa dalam melestarikan budaya-budaya daerah mereka masing-masing.
3.     Aktivitas para pemuda-pemudi yang berperan sebagai penerus bangsa kini telah mendapat pengaruh budaya asing, dan pola hidup yang padat menyebabkan mereka kehilangan kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungannya..
4. Kurangnya rasa cinta terhadap budaya Indonesia karena pengaruh budaya asing di Indonesia.
5.    Rendahnyanya  sumber daya manusia Indonesia dan minimnya komunikasi antar budaya lokal.
6.      Kurangnya pendidikan tentang budaya lokal.




BAB III
KESIMPULAN
             
Kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia mengandung keuletan, ketangguhan, dan kemampuan dalam mengembangkan, menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan hambatan yang datang dari luar maupun dari dalam yang secara langsung maupun tidak langsung membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai bangsa Indonesia kita harus  Sadar dan peduli akan pengaruh-pengaruh yang timbul pada aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.Budaya Nasional merupakan aset Bangsa Indonesia yang harus memperoleh perhatian terutama di era Globalisasi saat ini. Budaya nasional menjadi bagian penting negara Indonesia yang dapat dikembangankan dan dikelola sebaik-baiknya. Tentunya perlu ada suatu kesadaran secara nasional dan dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Indonesia pada semua aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Wujud bela negara dapat berupa bagian dari berbagai upaya yang beraneka ragam bentuk dan sifatnya, dimana secara keseluruhan akan mewujudkan menjadi keterpaduan upaya, dalam membela dan melindungi seluruh kepentingan nasional, dan kedaulatan negara. Wujud Bela Negara itu mulai dari bentuk sikap batin yang bersifat abstrak dalam melindungi dan mempertahankan karena kecintaan kepada Negara dan Bangsa, juga berupa kegiatan-kegiatan berproduksi dalam meraih kesejahteraan bangsa agar mencapai Ketahanan Nasional yang tinggi. Oleh karena itu, Bela Negara tidaklah harus dalam bentuk “Memanggul senjata saja “, akan tetapi juga akan berupa kegiatan-kegiatan produktif di dalam semua profesi dan sektor kehidupan bangsa. Dengan Ketahanan Nasional yang tinggi, bangsa kita akan menjadi bangsa yang semakin berkembang dan maju, sehingga dapat bertahan hidup dan menyejahterakan rakyatnya.




BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
·         ttps://magdalenasintauli.wordpress.com/.../ketahanan-nasional-tugas-ke
·         tinotholic.blogspot.com/.../perlunya-peningkatan-ketahanan-budaya.htm



LINIK DOWNLOAD. DISINI

No comments:

Post a Comment