PENGORGANISASIAN
A.Definnisi
Pengorganisasian
Organisasi
berasal dari istiklah yunani yaitu “organon “ yang berarti alat, bagian ,
anggota atau badan,Pengorganisasian
atau organizing adalah pengelompokkan kegiatan yang diperlukan yakni penetapan
susunan organisasi serta tugas dan fungsi dari setiap unit yang ada dalam
organisasi serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan masing-masing unit
tersebut.
Dua aspek penyusun
organisasi adalah Departmentasi dan
pembagian kerja
Departementasi
merupakan pengelompokan kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan yang
sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama. Hal ini tercermin pada
struktur formal suatu organisasi , dan tampak atau ditunjukkan oleh suatu badan
organisasi.
Menurut
Sutarto departementasi adalah aktivitas untuk menyusun satuan organisasi yang
akan diberikan bidang kerja tertentu atau fungsi tertentu . fungsi adalah
sekelompok aktivitas sejenis berdasarkan kesamaan sifat atau pelaksanaannya.
Pembagian
kerja adalah perincian tugas agar setiap individu dalam organisasi bertanggung
jawab untuk melaksanakan sekumpulan
kegiatan yang terbatas.
B. Timbulnya organisasi
Organisasi
terjadi apabila ada dua orang atau lebih bekerjasama menjalankan pekerjaan
untuk mencapai tujuan yang dikehendaki bersama. Jadi apabila ada pekerjaan yang
dapat dikerjaakan sendiri tanpa bantuan orang lain , maka dengan sendirinya tidak akan membutuhkan
organisasi.Akan tetapi harus diartikan
bahwa adanya dua orang atau lebih itu sebagai akibat dari adanya tugas
atau pekerjaan yang harus di tangani, dan pekerjaan mana yang merupakan akibat
dan tujuan yang hendak dicapai. Dengan kata
lain, tujuan menjadi sebab akibat lahirnya pekerjaan , dan pekerjaan menjadi
sebab munculnya orang – orang yang bekerjasama, dan kesemuanya itu menjadi
sebab lahirnya organisasi.
C. Dasar Organisasi
Yang
menjadi dasar organisasi adalah bukan “ siapanya “ akan tetapi ‘ apanya “ yang
berarti bahwa yang dipentingkan bukan “
siapa orang yang akan memegang organisasi “ melainkan “ apakah tugas pekerjaan
dari organisasi tersebut. Dengan
mengetahui tugas organisasi , barulah mencari orang yang akan memegang atau
memimpin dan menangani tugas yang ada dalam organisasi.
D.Unsur Organisasi
Bertitik
tolak dari pengertian organisasi , maka dapat diketahui unsur organisasi ,
yaitu “
1.Tujuan
2.Kelompok/Himpunan
3.Kerjasama
Tujuan
merupakan sesuatu yang hendak diwujudkan serta hendak didapat. Karena itu
tujuan menjadi tumpuan dan karena tujuan ini pula tercipta dan terpancar tugas,
wewenang , serta tanggung jawab. Tujuan merupakan sumber dari suatu kegiatan ,atau segala aktivitas , karena tanpa tujuan , sulit untuk mendapat usaha atau aktivitas yang
terarah dan berkesinambungan. Dengan kata lain , tujuan merupakan pangkal tolak
dari segala kegiatan.
Kelompok
/ himpunan orang , ini merupakan
konsekuensi logis dari adanya tujuan yang hendak dicapai , mengingat adanya
berbagai kegiatan / pekerjaan yang perlu dan harus ditangani apabila
menghendaki tujuan menjadi kenyataan.
Kerjasama,merupakan
unsur yang menentukan , sebab betapapun jelas tujuan yang hendak dicapai , dan
telah ditangani dengan sempurna , belum merupakan jaminan tercapainya tujuan
yang dikehendaki tanpa didukung oleh kerjasama yang baik dan harmonis antara
mereka yang bekerjasama di bidang tugas pekerjaannya.
E. Hubungan
Organisasi dengan Manajemen
Organisasi
merupakan wadah dari manajemen yang mempunyai hubungan erat dan saling
mempengaruhi. Kalau organisasi baik, akan tetapi manajemennya tidak baik maka
organisasi tidak dapat bergerak sebagaimana mestinya. Kalau manajemen baik
tetapi organisasinya buruk, maka akan
timbul mis manajemen. Mis manajemen adalah kesalahan tindakan pada saat proses
pencapaian tujuan tengah berlangsung.
Hubungan
antara orgnisasi dengan manajemen dapat diumpamakan sebagai hubungan badan
jasmani dengan jiwa atau nyawa.
LINK DOWNLOAD. DISINI
No comments:
Post a Comment